8 Planet yang Mengorbit Matahari

8 planet rotasi matahari
Ilustrasi planet-planet mengintari Matahari. Foto: Pixabay.com

Tentang Planet-Planet di Alam Semesta

Matahari memiliki delapan planet yang mengorbitnya. Planet-planet tersebut, diurutkan berdasarkan jarak dari Matahari, adalah sebagai berikut:

1. Merkurius

Merkurius adalah planet terkecil dan terdekat dengan matahari. Permukaannya berbatu dan penuh kawah. 

Merkurius tidak memiliki atmosfer yang berarti, sehingga suhunya sangat ekstrem, berkisar dari -170 derajat Celcius pada malam hari hingga 427 derajat Celcius pada siang hari. 

2. Venus 

Venus adalah planet kedua dari matahari. Permukaannya tertutupi awan tebal yang terbuat dari asam sulfat, sehingga tidak dapat dilihat dari Bumi. 

Venus adalah planet terpanas di tata surya, dengan suhu permukaan mencapai 462 derajat Celcius. 

3. Bumi

Bumi adalah planet ketiga dari matahari dan satu-satunya planet yang diketahui mendukung kehidupan. Bumi memiliki atmosfer yang terdiri dari nitrogen, oksigen, dan argon. 

Atmosfer ini melindungi Bumi dari radiasi matahari dan membantu menjaga suhu Bumi tetap stabil. Bumi juga memiliki air cair, yang sangat penting bagi kehidupan. 

4. Mars

Mars adalah planet keempat dari matahari. Permukaannya berwarna merah karena adanya oksida besi. 

Mars memiliki atmosfer yang tipis, sehingga suhu permukaannya sangat dingin, berkisar dari -125 derajat Celcius pada malam hari hingga 20 derajat Celcius pada siang hari. 

Mars memiliki dua bulan, yaitu Phobos dan Deimos. 

5. Jupiter

Jupiter adalah planet terbesar di tata surya. Planet ini terdiri dari gas dan es, dan memiliki atmosfer yang tebal dan bergolak. 

Jupiter memiliki banyak bulan, termasuk Io, Europa, Ganymede, dan Callisto. 

6. Saturnus

Saturnus adalah planet terbesar kedua di tata surya. Planet ini terdiri dari gas dan es, dan memiliki cincin yang indah yang terbuat dari es dan debu. 

Saturnus memiliki banyak bulan, termasuk Titan, Enceladus, Dione, dan Rhea. 

7. Uranus

Uranus adalah planet ketujuh dari matahari. Planet ini terdiri dari gas dan es, dan memiliki atmosfer yang tebal dan bergolak. 

Uranus memiliki cincin yang lemah yang terbuat dari es dan debu. Uranus memiliki banyak bulan, termasuk Miranda, Ariel, Umbriel, Titania, dan Oberon. 

8. Neptunus

Neptunus adalah planet terjauh dari matahari. Planet ini terdiri dari gas dan es, dan memiliki atmosfer yang tebal dan bergolak. Neptunus memiliki cincin yang lemah yang terbuat dari es dan debu. 

Neptunus memiliki banyak bulan, termasuk Triton, Nereid, Proteus, dan Larissa. 

Delapan planet dalam tata surya kita semuanya memiliki karakteristik yang unik dan menarik. 

Para ilmuwan terus mempelajari planet-planet ini untuk memahami lebih lanjut tentang asal-usul dan masa depan tata surya kita.



Comments